Tes TOEFL Prediction Bedanya Dengan Tes TOEFL Resmi

tes toefl prediction

Sebelum mengikuti tes TOEFL, Anda bisa mencoba mengikuti tes TOEFL prediction. Tes ini semacam tes latihan disebut juga simulasi. Bertujuan mengetahui kompetensi berbahasa seseorang untuk keperluan pribadi. 

Memang tes TOEFL ini beda dengan tes TOEFL yang resmi. Namun, tes ini sebagai latihan sebelum menghadapi tes yang resmi. Jadi, bagi yang masih ragu dengan kemampuan tes TOEFL bisa mengikuti ujian simulasi ini. Lalu apa manfaatnya, cek uraian berikut ini! 

Apa Bedanya Tes TOEFL Prediction dengan Tes TOEFL Resmi? 

Tes TOEFL secara umum ada beberapa yang diujikan, mulai TOEFL ITP, IBT, dan PBT. Jenis TOEFL tersebut punya tujuan yang beda menyesuaikan kebutuhan. Supaya dapat lolos tes TOEFL dengan skor yang memuaskan, perlu namanya persiapan. 

Anda bisa mulai mempersiapkan belajar materi tes secara mandiri, ikuti kursus dengan intensif, sampai mendaftarkan diri mengikuti simulasi TOEFL atau tes TOEFL Prediction. 

Materi yang diujikan tidak jauh berbeda dengan tes TOEFL resmi, jadi Anda bisa mendapatkan gambaran tentang tes TOEFL resmi. Maka, Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik dan hasilnya juga lebih maksimal. 

Memang tes ini tidak dianggap sah dalam kepentingan resmi, seperti persyaratan pendaftaran kerja di perusahaan luar negeri. Namun sertifikat ini dapat membantu Anda belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Bagi Anda yang mengikuti Tes TOEFL Prediction, Anda hanya akan mendapatkan materi tes 3 komponen saja. Mulai listening, reading, dan structure. Pengerjaan tes kurang lebih 1,5 jam sampai 2,5 jam saja. 

Biasanya penyelenggaraan terbuka dan diadakan oleh lembaga maupun institute mana saja. Lembaga tidak harus bekerja sama dengan ETS. Biayanya juga cukup terjangkau, kurang lebih Rp75.000 hingga Rp250.000 untuk sekali tes. 

Jadi, ketika skor yang Anda peroleh belum memuaskan. Anda tidak terlalu rugi dan bisa mengulanginya lagi sewaktu-waktu. Alasannya skor yang Anda peroleh, juga belum seakurat tes TOEFL resmi. 

Kegunaan Tes TOEFL Prediction 

Saat Anda mengikuti tes simulasi TOEFL, Anda akan mendapatkan sertifikat juga layaknya mengikuti tes TOEFL resmi. Sertifikat yang diterbitkan, dapat dipakai untuk keperluan mendaftar perusahaan dalam negeri dan bisa digunakan untuk mengikuti ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). 

Sertifikat yang Anda peroleh saat mengikuti tes TOEFL simulasi diterbitkan oleh lembaga. Atas izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud Republik Indonesia. Artinya sertifikat dari lembaga kursus bahasa Inggris yang secara resmi sudah terdaftar dalam Dinas Pendidikan. 

Cara Mendapatkan Skor Tertinggi Saat Mengikuti Tes TOEFL Prediction 

Meski bukan tes TOEFL resmi, namun sebagai proses pembelajaran Anda harus berusaha agar bisa mendapatkan skor tinggi. Gunakan, cara berikut ini : 

  1. Persiapan optimal 

Anda perlu belajar meski hanya simulasi, bisa mengikuti kursus kilat, dan lain-lain. Selama mengerjakan ujian, lakukan dengan baik layaknya mengikuti ujian yang resmi. Sehingga ketika Anda mengikuti ujian yan resmi tidak akan kaget dan sudah terbiasa. 

  1. Jangan curang 

Jangan mencontek dan berpikir curang lainnya, meski hanya simulasi sebaiknya gunakan untuk mengukur kemampuan diri dengan baik. Jika Anda mencontek saat tes simulasi, mana bisa Anda mengukur kemampuan sendiri. 

Kemudian jika mendapatkan hasil yang kurang maksimal, Anda harus belajar lagi. Jika sudah mendapatkan hasil yang bagus dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Anda dapat lanjut mengikuti ujian TOEFL yang resmi. 

  1. Belajar buku panduan TOEFL 

Ada banyak buku latihan TOEFL yang bisa Anda pelajari. Coba kerjakan soal-soal, mencoba mendengarkan recording untuk mengasah kemampuan. Semakin sering Anda berlatih, semakin mudah mendapatkan skor TOEFL yang bagus ketika ikut simulasi tes. 

Demikianlah informasi tentang tes TOEFL Prediction yang bisa membantu Anda mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi TOEFL, bisa menghubungi Kami di fullbrightinstitute.com! Semoga membantu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *