OPEN DONASI SANTUNAN ANAK YATIM

Open donasi santunan anak yatim. Kegiatan open donasi biasa dilakukan oleh beberapa orang yang ingin memberikan sedikit hartanya kepada orang-orang yang butuh akan santunan, salah satunya ialah kepada anak yatim. Namun, mayoritas yang mengadakan kegiatan ini berasal dari yayasan, organisasi, atau komunitas tertentu. Jadi, terkadang individu yang ingin menyalurkan bantuannya pasti menggunakan perantara melalui yayasan, organisasi, atau komunitas tersebut. Penyelenggara open donasi akan mengumpulkan dana dari penyantun sebelum pada akhirnya disalurkan kepada orang yang membutuhkannya. Sehingga, Anda harus bisa menentukan penyalur bantuan yang terpercaya bila ingin memberi santunan Anda untuk anak yatim, agar bantuan yang Anda keluarkan dapat tepat sasaran. 

Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui apa saja yang harus Anda perhatikan bila ingin turut serta berdonasi kepada anak yatim.

Tema Yang Bagus Untuk Acara Anak Yatim

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya untuk memilih penyalur bantuan yang terpercaya, Anda juga harus memperhatikan tema yang pantas untuk acara open donasi santunan anak yatim. Suatu tema diperlukan karena dapat memudahkan dan membantu penyelenggara acara untuk menyampaikan pesan sebenarnya maksud diadakannya acara tersebut.

Bayangkan saja bila kelompok penyelenggara acara memilih untuk menggunakan tema dengan pemilihan kata yang aneh, tentunya para donatur atau pemberi sponsor akan ragu memberikan dana mereka untuk ikut serta membantu terselenggaranya acara tersebut. Di sisi lain, penyelenggara acara akan memilih tema yang menarik untuk acara mereka. Tak terkecuali untuk yayasan, organisasi, atau komunitas yang ingin membuat acara santunan anak yatim.

Berikut adalah tema yang pantas untuk acara anak yatim:

  • Derma Hari Ini, Surga Hari Esok

Tema yang singkat, tetapi sangat bermakna. Derma sendiri memiliki arti yaitu pemberian kepada orang lain atas dasar kemurahan hati atau niat untuk berbuat baik. Memberikan santunan untuk anak yatim juga termasuk perbuatan derma. Tema ini memberikan kesan bahwa perbuatan baik memiliki balasan baik juga yaitu surga.

  • Bersihkan Hati Dengan Donasi

Tema yang kedua juga masih tergolong singkat. Walaupun singkat, tema ini tetap memiliki nilai yang cukup tinggi. Menurut keyakinan tertentu, seperti contohnya dalam agama Islam, bila kita memberikan sedikit harta, hal itu mampu untuk membersihkan jiwa kita sendiri.

  • Gembira Bersedekah, Jiwa Merekah

Tak kalah menarik juga, tema yang satu ini dapat dijadikan untuk kegiatan open donasi santunan anak yatim. Tema ini memiliki sifat persuasif (mengajak) yang terselubung. Menggunakan tema ini mampu menggerakan orang-orang agar mereka bersedekah.

  • Jadikan Momen 10 Muharram Awal dari Keterbukaan Hati untuk Lebih Sering Berbagi

Nah, bila tema yang satu ini agak berbeda dengan tema-tema sebelumnya. Kira-kira kenapa ya? Yuk, coba kita ulik bersama. Mayoritas masyarakat kita, tak lain dan tak bukan adalah Indonesia, menganggap bahwa tanggal 10 Muharram atau bisa juga disebut hari Asyura merupakan hari raya anak yatim. 

Cara Menunjukkan Kasih sayang kepada Anak Yatim

Seperti yang disebut dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menjamu dan bersedekah kepada anak yatim dan juga keluarganya pada tanggal 10 Muharram, maka dari itu akhirnya 10 Muharram dijuluki sebagai Idul Yatama (hari raya anak yatim). Jadi, tema ini sangat cocok untuk digunakan untuk acara santunan anak yatim pada hari Asyura ataupun pada bulan Muharram. 

  1. Tunjukan Cinta Kasih Tanpa Mengharap Pamrih

Tidak berbeda dengan tema-tema yang sebelumnya, tema ini tergolong singkat dan pesannya mudah sampai kepada para audiens. Memberikan santunan kepada anak yatim merupakan perilaku yang memperlihatkan kedamaian, ketulusan, dan tentunya cinta kasih. Hal yang bisa kita garis bawahi dari tema ini ialah, ‘Ketika kita memutuskan untuk memberi seseorang sesuatu, kita tidak boleh mengharapkan balasan dari orang tersebut.’

Nah, itu dia beberapa contoh tema yang bisa digunakan untuk kegiatan santunan bagi anak yatim beserta pembahasannya. Di sini kami mencoba memberi sedikit gambaran dari pemilihan kata. Contohnya saja tema-tema yang singkat namun bermakna atau singkat namun tetap memiliki rima yang sama. Sehingga, itu bisa membuat kesan menarik dari sebuah acara atau kegiatan.

Santunan Anak Yatim

Sampai sini, apakah Anda masih ragu untuk ikut serta dalam acara open donasi santunan anak yatim? Jika iya, pikirkan alasan apa yang membuat Anda masih meragukan hal baik tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan dalam tema nomer 4, tenang saja, jika Anda lupa, akan kami bantu ingatkan kembali. Pada tanggal 10 Muharram Rasulullah memberikan jamuan dan sedekah kepada para anak yatim dan piatu (tidak memiliki bapak dan ibu karena meninggal dunia), bahkan Rasulullah tidak hanya memberikan sedekah itu kepada anak yatimnya saja, melainkan juga kepada keluarganya. 

Buku dengan judul Keajaiban Menyantuni Anak Yatim yang ditulis oleh Mujahidin Nur mengatakan bahwa Rasulullah sangat menganjurkan umat muslim untuk memperlakukan anak yatim seperti orang tua yang menyayangi anaknya sendiri. Hadist Riwayat Bukhari pun mengatakan bahwa bersikap dengan anak yatim itu harus layaknya seorang bapak yang penyayang.

Lalu, apa sih sebenarnya keutamaan bersedekah kepada anak yatim, piatu atau yatim piatu? Keutamaan yang pertama ialah bisa mendekatkan seorang muslim dengan Rasulullah SAW di surga nanti. Bukankah itu adalah cita-cita semua muslim di bumi agar bisa bertemu Rasulullah di surga kelak? 

Keutamaan Donasi Anak Yatim

Nah, di bawah ini merupakan keutamaan yang lain jika Anda memberikan santuan kepada anak yatim:

  • Penolak bala

Maksud dari penolak bala sendiri ialah mampu melindungi seorang muslim dari segala kejahatan ataupun musibah di dunia. Tak hanya itu saja, bersedekah dapat membuat 7 pintu kejahatan di dunia tertutup. Seperti sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu menutup tujuh pintu kejahatan.” (HR. At-Thabrani).

  • Diganti berkali-kali lipat

Keutamaan memberikan santunan kepada anak yatim yang lain ialah harta yang Anda keluarkan akan dibalas dengan rezeki yang melimpah. Intinya, bila Anda ikhlas lahir dan batin, pengganti harta berkali-kali lipat bukanlah suatu hal mustahil bagi Allah SWT.

Allah berfirman pada surat Al-Baqarah ayat 261, yang berbunyi, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

  • Menjadi Teman Rasulullah

Walaupun Rasulullah sudah mendahului kita, kita akan bisa menjadi teman Rasulullah di surga Allah kelak. Bagaimana caranya? Dengan memberikan kasih saying, perhatian, santunan, sedekah, dan hal-hal baik lainnya kepada para anak yatim. Sehingga, menyisihkan sedikit harta untuk memberikan santunan kepada anak yatim merupakan hal yang sangat pantas dilakukan.

Wah, ternyata tidak terasa akhirnya kita sampai di penghujung artikel. Sebenarnya, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bersedekah kepada anak yatim. Ingat, di sini kami tidak memaksa Anda untuk melakukan hal tersebut, karena pada dasarnya dalam ajaran Islam, Allah tidak pernah memaksa hambanya untuk berbuat baik. Berbuat baiklah bila Anda mampu, jika Anda mampu kenapa tidak? Sampai jumpa di lain artikel…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *