Cara Merancang Pemasaran di Facebook Ini Bakal Berguna untuk Bisnis

Cara Merancang Pemasaran di Facebook – Saat ini facebook marketing banyak digunakan untuk memasarkan suatu produk. Banyak sekali orang berjualan melalui facebook, dari berbagai macam produk baru maupun second. Tapi kamu tau gak sih, Bagaimana pemasaran online lewat facebook bekerja? Membutuhkan strategi facebook yang tepat agar penjualan bisa lebih meningkat lagi. Kamu membutuhkan perencanaan yang matang pada setiap tahapnya, agar dapat memaksimalkan penjualan. Kali ini kita akan membahas tentang cara promosi lewat facebook.

Cara Merancang Pemasaran di Facebook

  1. Memiliki Tujuan Yang Jelas

Untuk memulai suatu usaha tujuan harus jelas, Tujuan yang sudah ditetapkan dapat menjadikan patokan untuk dapat mencapai setiap tujuan penjualan. Sehingga dapat melihat perkembangan usahamu dengan cara mengukur keberhasilan produkmu. Bila masih baru memulai usaha tujuanmu untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, itu menjadi fokus utama.

  1. Kenali Target Pasar

Jika tujuan sudah ditentukan selanjutnya yang perlu ditentukan adalah target pasar, dari target pasar yang sudah ditentukan, maka kamu bisa mengetahui konten apa yang cocok dibuat untuk targetmu, serta menentukan budget. Melakukan survei juga penting, agar tidak salah arah dan tepat sasaran untuk target yang ingin dicapai. Facebook marketing membantu memudahkan untuk menentukan target pasar. 

Melalui Facebook Ads, terdapat fitur custom audience. Dapat dibuat untuk target audiens spesifik dari data pelanggan yang telah kamu miliki.

Buat Konten yang Menarik

Dari target pasar yang telah ada, maka selanjutnya kita akan masuk ke pembuatan konten. Sesuaikan konten untuk konsumen yang berkaitan dengan mereka. Cara seperti ini dapat kita laksanakan untuk pembuatan konten berjualan. Menentukan konsep konten sebisa mungkin jangan kebanyakan tulisan yang membuat orang malas untuk kontenmu, alangkah lebih baik lagi jika kita tambah foto atau video. Banyak jenis konten yang bisa kamu buat, Seperti testimoni, update fitur yang terbaru, tutorial juga pendek terkait dengan produk. Ciptakan konten yang tidak membosankan, melalui media digital konten merupakan alasan konsumen untuk melakukan pembelian karena mereka tidak dapat melihat secara langsung produk yang kamu jual. Maka dari itu harus pintar membuat strategi konten agar calon konsumen dapat memberi waktu mereka untuk melihat konten kamu buat, bukan mengabaikan begitu saja.

  1. Jadwal Posting

Posting juga menjadi hal yang penting, jangan sampai kamu memposting konten secara sembarangan. Bisa saja konten tidak terlihat oleh pelanggan karena postinganmu tenggelam oleh postingan akun orang lain. Posting terlalu keseringan bukan berarti menjadi pilihan yang tepat, malahan konten yang sudah kamu bikin akan cepat habis dan kualitas terhadap kontenmu akan tidak maksimal karena mengejar konten yang banyak, sehingga konsumen tidak memiliki kesan baik terhadap akun jualanmu. Begitu juga sebaliknya bila jarang melakukan update dari produkmu tidak pernah posting setelah berapa lama bisa jadi konsumenmu atau follower akun jualan akan berkurang. Penentuan jadwal posting secara teratur akan lebih tepat apabila kita lakukan. Kamu dapat melihat dari target audiens, mereka aktif menggunakan kapan saja, dari situ kamu dapat menyesuaikan dengan jadwal postinganmu.

Aktif untuk Berkomunikasi dengan Audiens

Berkomunikasi dengan audiens juga perlu ternyata, menggunakan Facebook Marketing, kamu harus dapat menjalin komunikasi dengan calon pelanggan, Tidak sekedar posting konten saja, namun jika konsumen berkomentar terhadap produk mu maka respon dengan baik, dan juga ada pertanyaan seputar penjualan responlah dengan cepat. Jangan sampai karena lama merespon pertanyaan mereka akan beralih ke penjualan lain. Komunikasi yang terjalin baik dengan konsumen akan membuat mereka nyaman dengan pelayananmu.

  1. Tentukan Budget yang Sesuai

Karena untuk pembuatan konten Facebook Marketing membutuhkan biaya. Maka bagi pebisnis yang baru mulai yang bisnis masih kecil atau menengah, akan lebih efektif bila menggunakan cara membuat konten sehingga akan lebih meringankan dari segi biaya. Sehingga anggaran tersebut dapat kita gunakan ke yang lain.

Dalam facebook marketing ada beberapa pilihan penggunaan anggaran. Seperti Page like ads, boosted posts, & lead generation ads. Budget yang telah kamu tentukan, akan lebih gampang untuk mengukur sejauh mana keberhasilan terhadap upaya pemasaran yang kamu lakukan.

Baca Juga : Produk yang Wajib Dipasarkan Online

Kontrol dan Analisis Strategi Yang Kamu Buat

Dari hasil postingan yang telah kamu lakukan, sebaiknya melakukan monitoring. Dapat kita lihat melalui peningkatan follower, like, share, serta komentar dari para pengunjung akun jualanmu. Selain itu kamu bisa menggunakan tools analytics agar hasil yang kamu peroleh dapat lebih akurat lagi. Dengan begitu kamu dapat mengamati konten seperti apa jenis konten yang paling calon konsumen sukai, dan menjadi konten yang harus lebih kamu unggulkan untuk kedepannya. Atau bahkan, membutuhkan promosi yang lebih lagi untuk meningkatkan engagement yang kurang maksimal.

Itulah tujuh cara dalam merancang pemasaran di facebook. Berbagai langkah tersebut tentunya harus berbekal dengan kemampuan yang cukup.Kamu bisa belajar pemasaran online via facebook di Kampus Dosen Jualan Jogja. Selamat belajar semoga bermanfaat untuk bisnis kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *